Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Nigeria Tangkap Komandan Boko Haram

Kompas.com - 15/07/2014, 20:42 WIB
LAGOS, KOMPAS.com — Kepolisian Nigeria, Selasa (15/7/2014), mengatakan telah menangkap seorang komandan senior Boko Haram berjuluk "Si Jagal" dalam sebuah penggerebekan di kawasan bergolak di timur laut negeri itu.

Mohammed Zakari (30) ditahan pada Sabtu (12/7/2014) menyusul serangan besar-besaran yang dilakukan aparat keamanan Nigeria di hutan Balmo, negara bagian Bauchi.

Polisi meyakini Zakari terlibat dalam pembunuhan tujuh orang, termasuk perempuan dan anak-anak belum lama ini.

Menurut polisi, hutan Balmo adalah salah satu dari beberapa basis Boko Haram yang tersebar di kawasan hutan yang digunakan kelompok ekstremis itu untuk bersembunyi.

Zakari tidak banyak dikenal sebagai salah satu pimpinan Boko Haram, tetapi struktur organisasi Boko Haram memang dikenal tak teratur sehingga di dalamnya bisa saja terdapat sel otonom yang beroperasi di bawah pimpinan individu yang tidak melaporkan kepada pemimpin tertinggi Boko Haram.

Pemimpin Boko Haram yang diketahui luas adalah Abubakar Shekau. Pria ini oleh Amerika Serikat dan Dewan Keamanan PBB dianggap salah satu teroris dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com