Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galang Dana untuk Tunawisma, Pejabat Australia Tidur di Jalan

Kompas.com - 20/06/2014, 15:54 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Sejumlah pebisnis dan pejabat Australia merasakan menjadi tunawisma untuk semalam. Mereka tidur di luar ruangan di tengah musim dingin untuk menggalang dana melawan ketunawismaan.

Salah seorang pejabat yang turut serta adalah Menteri Komunikasi Malcolm Turnbull. Selain itu, sebanyak 1.000 tokoh, termasuk anggota badan legislatif dari Partai Hijau, Shane Rattenburry, dan Kate Lundy dari Partai Buruh, turut serta dalam kegiatan tersebut.

Di Canberra, sejumlah tokoh pebisnis dan politisi itu tidur hanya dengan beralaskan kardus, dengan membawa sleeping bag dan bantal, di taman gedung arsip film dan suara nasional, sebagai bagian dari penggalangan dana bertajuk Vinnies CEO Sleepout.

Sebagian besar kawasan Australia saat ini sedang mengalami musim dingin. Pada Jumat (20/6/ 2014) sekitar pukul 04.30 pagi, suhu tercatat hanya 2,3 derajat celsius. Namun, menurut Turnbull, ia tidur cukup nyenyak di Canberra. 

Hingga pukul 10.00, Turnbull telah menggalang dana sebesar 59.742 dollar atau sekitar Rp 672 juta. Hanya terpaut sedikit dari 60.000 dollar yang menjadi target Turnbull. 

Paul Tresize, ketua organisasi pemerhati tunawisma St Vincent de Paul cabang ibu kota Australia, menyatakan bahwa acara ini menunjukkan kepada pemimpin-pemimpin setempat tentang sulitnya hidup di jalanan.

Menurut Tresize, biaya hidup yang tinggi di Canberra  mengakibatkan ratusan orang sulit memenuhi kebutuhan mereka.

"Sering kali mereka berada tersembunyi di tempat-tempat yang tak terlihat oleh kebanyakan orang Canberra," ucapnya, "Namun, tentu saja, isu tunawisma ini sangat rumit, dan sensus terakhir menunjukkan ada lebih dari 1.700 tunawisma di Canberra."

Ia berharap acara ini akan mendorong diambilnya tindakan untuk memerangi ketunawismaan di Australia.

"Saya benar-benar berharap beberapa CEO setelah ini akan lebih memahami isu tunawisma, dan mungkin mempertimbangkan hal-hal yang bisa mereka lakukan," ucap Tresize, "Contohnya, mensponsori layanan seperti patroli malam hari di Canberra."

Louise Curtis, yang mendapat penghargaan Business Woman of the Year 2013 di Wilayah Ibu Kota Australia, sudah berpartisipasi dalam tiga acara menjadi tunawisma dalam semalam. Ia bercerita bahwa dibanding tahun-tahun lalu, makin sulit meyakinkan badan-badan usaha untuk menyumbang dana.

Pada pukul 10.00, acara Vinnes CEO Sleepout di wilayah ibu kota Canberra berhasil menggalang dana sebesar sekitar 371.066 dollar meski belum mencapai target yang ditetapkan pada tahun ini, yaitu 500.000 dollar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com