Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Penyerang Bandara, AS Kirim "Drone" ke Wilayah Pakistan

Kompas.com - 12/06/2014, 18:22 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Amerika Serikat, Kamis (12/6/2014), melakukan dua serangan pesawat tanpa awak atau drone di Pakistan. Serangan ini adalah yang pertama sejak operasi kontroversial itu dihentikan Desember lalu.

Sejumlah laporan menyebutkan paling tidak 16 orang yang diduga anggota kelompok militan tewas dalam serangan di Waziristan Utara.

Serangan drone ini terjadi setelah kelompok militan menyerang bandara internasional Karachi, menewaskan 39 orang, termasuk 10 penyerang.

Washington sepakat untuk menghentikan program pesawat tanpa awak Desember lalu agar Islamabad dapat mengupayakan pembicaraan damai dengan kelompok Taliban Pakistan (TTP).

Namun tekanan meningkat terhadap pemerintah Pakistan untuk melakukan serangan darat di kawasan itu.

Dua serangan pesawat tanpa awak itu terjadi selang beberapa jam dan menghantam satu tempat di desa dekat Miranshah, kota utama di Waziristan Utara.

Serangan pertama -yang dilakukan Rabu malam- dilaporkan menewaskan empat anggota kelompok militan etnis Uzbek dan dua Taliban Punjab.

Serangan kedua Kamis pagi (12/06) dengan sasaran 10 tersangka militan.  Kelompok militan Uzbek, Gerakan Islamis Uzbek (IMU), Rabu (11/6/2014), mengklaim mereka terlibat serangan di bandara Karachi untuk membalas serangan udara militer Pakistan.

Kelompok yang telah melalui pelatihan dan bermarkas di Waziristan Utara itu sebelummya pernah melakukan serangan skala besar bersama Al-Qaeda dan militan Taliban di Pakistan.

Washington menggunakan pesawat tanpa awak untuk menyerang Taliban dan sasaran-sasaran Al-Qaeda di perbatasan Pakistan dan Afghanistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com