Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Malaysia Tangkap 9 Terduga Teroris

Kompas.com - 28/04/2014, 16:52 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Kepolisian Malaysia, Senin (28/4/2014), menangkap sembilan orang yang diduga terlibat dalam sebuah kelompok teror luar negeri.

Kepala Kepolisian Nasional Khalid Abu Bakar mengatakan, kesembilan terduga teroris itu berusia antara 22 hingga 55 tahun. Mereka ditangkap di dekat ibu kota Kuala Lumpur dan di negara bagian Kedah yang berbatasan dengan Thailand.

"Mereka ditahan karena dicurigai terlibat dalam sebuah kelompok militan yang bertanggung jawab atas rencana aksi teror di dalam dan di luar Malaysia," kata Khalid.

Khalid menambahkan, kesembilan orang ini diyakini memiliki kaitan dengan kelompok teroris di luar Malaysia.

"Sebagian dari mereka diduga telah melakukan pertemuan rahasia untuk memperkuat ideologi militan mereka, mengumpulkan dana, dan melakukan latihan militer sebagai persiapan melakukan aksi teror," lanjut Khalid.

Namun, Khalid tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait hasil tangkapan Kepolisian Malaysia ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, Malaysia tidak pernah menjadi target serangan teror. Namun, negeri ini dikenal didiami sejumlah tersangka penting sejumlah kelompok militan Islam, seperti Jamaah Islamiyah yang terkait dengan Al Qaeda.

Jamaah Islamiyah kerap dituding sebagai dalang sejumlah aksi teror di Asia Tenggara. Salah satu serangan terbesar adalah bom Bali pada 2012 yang menewaskan 202 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com