Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Berkuatan 6,7 SR Guncang Cile

Kompas.com - 17/03/2014, 08:29 WIB
SANTIAGO, KOMPAS.COM — Gempa bumi berkekuatan 6,7 skala Richter (SR) mengguncang pantai barat laut Cile, Minggu (16/3/2014) waktu setempat. Gempa tersebut menimbulkan tsunami kecil dan mendorong pemerintah untuk mengevakuasi dua kota di negara itu.

Menurut US Geological Survey (USGS), sebuah badan survei geologi AS, gempa tersebut terjadi pada sekitar pukul 18.16 waktu setempat (atau Senin pukul 04.16 WIB). Awalnya USGS mencatat, gempa itu berkekuatan 7,0 SR. Pusat gempa terletak sekitar 60 kilometer di barat laut kota pelabuhan Iquique, di kedalaman 20 kilometer. Gempa itu diikuti oleh serangkaian gempa susulan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan dalam sebuah buletin bahwa "pembacaan permukaan laut menunjukkan ada tsunami yang ditimbulkan" gempa itu. Aktivitas gelombang tsunami diukur setinggi 28 cm. "Tsunami mungkin telah menimbulkan kerusakan di sepanjang pantai dalam jarak 200 km dari episentrum gempa," tambah pusat tsunami itu. "Bahaya bagi kapal-kapal dan bangunan di pesisir pantai dapat berlanjut selama beberapa jam karena arus laut yang cepat," lanjut pusat tsunami itu.

Kantor Darurat Nasional Cile mengatakan, perintah evakuasi dikeluarkan untuk kota Arica dan Tocopilla karena ancaman tsunami. Namun, sejauh ini tidak ada laporan soal korban cedera atau kerusakan infrastruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com