Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim SAR Vietnam Tangkap Sinyal Pesawat Malaysia Airlines yang Hilang

Kompas.com - 08/03/2014, 11:17 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Media Pemerintah China mengatakan pemerintah Vietnam telah mendeteksi sinyal dari pesawat Malaysia Airlines yang pada Sabtu (8/3/2014) dini hari hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. 

Kantor Berita Xinhua mengutip media lokal Vietnam, mengatakan tim pencari dan penyelamat melaporkan telah mendeteksi sinyal darurat pesawat dari kawasan yang berjarak sekitar 220 kilometer barat daya provinsi Ca Mau, di pesisir selatan Vietnam.

Dalam pesawat itu terdapat 228 penumpang dari 14 negara (sebelumnya disebutkan 227 orang dari 13 negara) termasuk dua bayi dan 12 kru.

Pesawat ini berbagi kode penerbangan dengan China Southern Airlines. Penerbangan yang lepas landas dari Kuala Lumpur pada pukul 00.21 waktu Malaysia, dipiloti oleh Kapten Zaharie Ahmad Shah (53) berkewarganegaraan Malaysia. Zaharie telah bergabung ke Malaysia Airlines pada 1981 dengan total 18.365 jam terbang.

Co-pilot penerbangan adalah Perwira pertama, Fariq Ab Hamid (27), berkewarganegaraan Malaysia. Dia sudah mengantongi 2.763 jam terbang sejak bergabung ke Malaysia Airlines pada 2007.

Pesawat hilang kontak dengan pengatur kontrol lalu lintas udara sekitar dua jam setelah lepas landas. Diperkirakan pesawat hilang kontak saat berada di atas wilayah udara Vietnam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com