Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB Desak Rusia Tidak Memanaskan Situasi

Kompas.com - 03/03/2014, 20:13 WIB
GENEVA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, Senin (3/3/2014), menyerukan agar Rusia menghindari langkah-langkah yang bisa memperburuk situasi di Ukraina.

"Saya mendesak kepada Federasi Rusia untuk menahan diri dari berbagai aksi atau retorika yang bisa meningkatkan ketegangan," kata Ban kepada wartawan menjelang pertemuan dengan Menlu Rusia Sergei Lavrov.

Ban melanjutkan, sangat penting untuk memastikan kemerdekaan, kesatuan, kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina tetap terjaga.

"Hal terpenting saat ini adalah mengembalikan kedamaian dan menurunkan tensi ketegangan melalui dialog," lanjut Ban.

Ban menambahkan dirinya dan Menlu Lavrov akan mendiskusikan skema kerja sama PBB, Rusia, Ukraina, Organisasi Kerjasama Keamanan Eropa (OSCE), Uni Eropa dan negara-negara lain untuk "mendinginkan" suasana.

Dalam sebuah pembicaraan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Sabtu (1/3/2014), Ban mendesak agar Putin ikut terlibat secara langsung dan konstruktif dengan para pemimpin Ukraina. "Sangat penting dua pihak bersama-sama menurunkan ketegangan," Ban menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com