Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sidang Darurat NATO Bahas Krisis Ukraina

Kompas.com - 02/03/2014, 22:42 WIB

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal NATO mengatakan aktivitas militer Rusia di Krimea, Ukraina, mengancam perdamaian dan keamanan di Eropa.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen beberapa saat sebelum pertemuan darurat NATO untuk membahas krisis di Ukraina, Minggu (2/3/2014).

Dia menambahkan Rusia harus segera mengurangi ketegangan di Ukraina, yang beberapa waktu lalu dilanda unjuk rasa antipemerintah yang menyebabkan jatuhnya presiden pro-Rrusia, Viktor Yanukovych.

Seorang pejabat Barat lainnya menggambarkan krisis saat ini mungkin yang paling berbahaya di Eropa sejak invasi Uni Soviet ke Cekoslawakia tahun 1968.

Kepada BBC, Andriy Deshchytsya, menjelaskan saat ini dibutuhkan tekanan yang tidak bermusuhan kepada Rusia dari semua pihak untuk menyelesaikan krisis

Dia menambahkan selama beberapa hari sudah berupaya -namun tidak berhasil- untuk menghubungi Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov.

Wartawan BBC melaporkan pemerintah Moskow tidak mengakui pemerintahan sementara Ukraina dan tidak akan melakukan hubungan.

Sementara Presiden Vladimir Putin menegaskan bahwa Rusia memiliki hak untuk membela yang disebutnya sebagai kepentingan mereka di Ukraina.

Pemerintah sementara Ukraina sudah menyatakan pasukan dalam status siaga tempur setelah parlemen Rusia memberikan restu untuk mengirim pasukan ke Ukraina.

Pelaksana jabatan Presiden Olexander Turchynov juga menyatakan kesiagaan dilakukan termasuk dengan menempatkan penjagaan lebih ketat di lokasi strategis seperti fasilitas pembangkit nuklir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com