Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semak-semak Mulai Terbakar, Perth dalam Situasi Darurat

Kompas.com - 03/02/2014, 17:41 WIB

PERTH, KOMPAS.com — Keadaan darurat kebakaran semak diberlakukan di kawasan Perth Tenggara, Senin (3/2/2014), karena kebakaran semak mulai mengancam penduduk dan harta milik mereka.

Warga diperingatkan bahwa tidak aman untuk meninggalkan kawasan Banjup dan Forrestdale sekitar 25 km dari pusat kota Perth. Peringatan ini diberlakukan bagi pemukim yang dibatasi jalan Armadale, Tapper, Rowley, dan Taylor.

Pihak berwenang mengatakan pada Senin siang waktu setempat bahwa sudah terlambat bagi penduduk yang berniat mengungsi.

Aparat berwenang menyarankan penduduk berlindung di kamar yang jauh dari pintu depan rumah, kamar yang memiliki dua pintu, dan fasilitas air seperti dapur atau kamar cuci.

Bila rumah mereka terbakar atau keadaan di dalam rumah begitu panasnya, warga diminta untuk keluar rumah dan mengungsi ke daerah yang sudah terbakar.

Sekitar 90 petugas kebakaran sedang menangani api yang tidak terkontrol yang bergerak ke arah barat. Departemen Pemadam Kebakaran mengatakan, api lebih tinggi dari rumah dan api mulai menjalar dengan cepat dari pusat api.

Api muncul pertama kalinya hari Senin dini hari dan semula berhasil ditangani, tetapi sekarang berkobar lagi. Sebuah pusat penampungan sudah disediakan bagi mereka yang tinggal di kawasan Armadale Arena.

Penduduk di daerah tersebut yang sudah berangkat kerja atau tidak berada di lokasi tetapi kembali ke sana sekarang diminta untuk tidak kembali ke rumah mereka, tetapi berlindung di pusat penampungan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com