Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brisbane dan Queensland Banjir Lagi

Kompas.com - 28/01/2013, 09:05 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com — Suhu kontras di negara yang begitu luas wilayahnya seperti Australia tampak dengan pengumuman bahwa ibu kota negara bagian Queensland, Brisbane, akan mengalami banjir. Sementara di negara bagian Victoria, kebakaran semak-semak belum berhasil dijinakkan.

Menteri Besar (Premier) Queensland Campbell Newman, Senin (28/1/2013) pagi, memperingatkan warga bahwa Brisbane dan bagian Queensland lainnya akan mengalami "banjir besar" akibat dari badai tropis Oswald. Newman mengatakan bahwa warga yang tinggal di 3.600 properti di wilayah yang "Rawan Banjir Brisbane" untuk segera mengambil tindakan meskipun, menurutnya, banjir ini tidak akan seburuk seperti yang terjadi tahun 2011.

Di wilayah lain, Bundaberg, 370 km dari Brisbane, akan mengalami banjir terburuk dalam sejarah kota tersebut. Hari Senin pagi, ketinggian sungai Burnett sudah mencapai 8.7 meter, dan sembilan pusat evakuasi sudah dibentuk di sana. Petugas penyelamat sedang berusaha mengevakuasi 30 warga yang bertahan di atap rumah mereka, tetapi upaya pertolongan terhambat karena "aliran air yang sangat berbahaya". "Queensland menghadapi masalah yang sangat serius sekarang ini," kata Newman.

Di kota Brisbane dan Ipswich (sekitar 50 km dari Brisbane), warga diminta untuk mengambil tindakan karena sekarang air mengalir melewati daerah mereka. "Bila properti mereka berada di wilayah banjir, mereka hari Senin pagi ini harus mengambil tindakan," kata Newman. "Kita perkirakan, air akan menggenangi Ipswich dan sepanjang Sungai Brisbane."

Sungai Bremer di Ipswich diperkirakan akan mencapai puncaknya setinggi 11,7 meter tengah hari Senin, seperti yang terjadi pada bulan Januari 2011. Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, berbeda dengan wilayah Australia lainnya, sebagian wilayah Queensland berada di zona semi dan tropis sehingga, ketika musim hujan, curah hujan bisa sangat tinggi dan berlangsung selama berhari-hari.

Badai tropis Oswald sudah melanda wilayah itu sejak beberapa hari terakhir. Menurut Biro Cuaca, kondisi akan membaik setelah Senin tengah hari, dengan angin dan hujan terus bergerak ke arah selatan, meninggalkan wilayah Brisbane dan garis pantai Queensland.

Hari Minggu malam di Brisbane, kecepatan angin mencapai 92 km per jam dan curah hujan turun 172 mm. Di kawasan Gold Coast, sekitar 80 km dari Brisbane, kecepatan angin mencapai lebih dari 100 km per jam dan curah hujan lebih dari 640 milimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com