Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Thailand Bakal Lindungi Kepentingan Publik

Kompas.com - 29/01/2014, 17:21 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Militer Thailand berjanji melindungi kepentingan publik dari aksi kekerasan selama unjuk rasa menentang pemerintah. Juru Bicara Tentara Thailand Kolonel Winthai Suwari mengatakan hal itu sebagaimana warta laman Bangkok Post pada Rabu (29/1/2014).

Menurut Suwari, militer bekerja sama dengan Pusat Pengelolaan Perdamaian dan Perintah (CMPO) untuk menjaga keamanan sesuai dengan perkembangan situasi politik. "Tentara Thailand kami tugaskan menjaga keamanan di banyak lokasi," katanya di Bangkok sembari menambahkan selama dua hari ke depan tentara akan bekerja sama dengan CMPO.

Sementara itu, menurut hemat Suwari, polisi bertugas juga untuk mencegah pertikaian fisik para pengunjuk rasa anti-pemerintah dengan petugas keamanan. "Polisi yang akan menangkap pihak-pihak yang mengganggu keamanan," katanya.

Tentara juga menerjunkan tim sipil untuk penyediaan lokasi pelayanan medis di tempat-tempat unjuk rasa. "Kami juga punya tim untuk menurunkan tensi unjuk rasa yang memanas mengarah ke bentrokan fisik,"kata Suwari lagi.

Hingga kini, pihak anti-pemerintah makin sering berunjuk rasa demi menggagalkan pemilihan umum pada Minggu (2/2/2014). Kelompok penentang itu sudah menghelat demo sejak November 2013.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com