Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narkoba Oplosan Tewaskan 22 Orang di Pennsylvania

Kompas.com - 28/01/2014, 19:42 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Setidaknya 22 orang tewas dalam sepekan terakhir di Pennsylvania, AS, akibat oplosan heroin dan jenis narkotika yang sangat kuat. Demikian penjelasan pemerintah setempat.

Jaksa Agung Pennsylvania Kathleen Kane menyatakan keprihatinannya bahwa campuran heroin dan fentanyl itu kemungkinan besar menyebar ke daerah lain.

Narkoba jenis baru itu ditemukan di dalam beberapa tas dengan tulisan Theraflu, Bud Ice, dan Income Tax.

Tas-tas itu ditemukan di daerah Allegheny, Westmoreland, Armstrong, Butler, Lawrence, dan Beaver. Demikian jaksa Kathleen Kane. "Kemungkinan besar tas-tas ini sudah bisa diperoleh di daerah lain di seluruh Pennsylvania," kata Kathleen.

Sementara itu, petugas forensik Allegheny mengatakan, kematian ke-22 orang itu merupakan sebuah krisis kesehatan publik yang sangat besar.

Fentanyl adalah sebuah substitusi morfin sintetis yang 100 kali lebih kuat dibanding morfin biasa. Bentuknya menyerupai heroin, tetapi jauh lebih kuat.

Di masa lalu, fentanyl juga diduga kuat mengakibatkan kematian puluhan orang di seluruh Amerika Serikat. Aparat keamanan kini tengah berjuang untuk mencegah penyebaran jenis narkotika baru itu dan melacak asal-muasal benda haram itu.

"Ada pembunuh di luar sana dan kami berusaha menghentikan warga menggunakannya," kata detektif Tony Marcocci, kepada harian The Pittsburgh Post-Gazette.

"Kami akan mengejar para pengguna. Sebab kemungkinan besar mereka akan menyebarkannya ke pengguna lain," lanjut Marcocci.

"Tapi tujuan kami sesungguhnya adalah melacak sumber, pengedar sebenarnya dari benda haram ini," tambah Marcocci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com