Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Pun Kepincut Bisnis Penerbangan Berongkos Murah

Kompas.com - 16/01/2014, 14:47 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pasar Bebas ASEAN 2015 menarik perhatian Thailand untuk ikut bersaing di ajang bisnis penerbangan berongkos murah di kawasan tersebut. Adalah Konsultan dari Frost & Sullivan, Ravi Madavaram yang mengatakan hal itu sebagaimana warta laman Bangkok Post pada Kamis (16/1/2014).

Menurutnya, meski tengah dalam kondisi politik yang belum menentu, Thailand harus ikut ambil bagian dalam bisnis penerbangan di ASEAN. "Kesempatan bagi Thailand adalah saat ini,"katanya.

Menurut Madavaram, persaingan di bisnis penerbangan berongkos murah di ASEAN memiliki pemain penting seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Filipina. Madavaram menambahkan Indonesia punya Lion Air, Singapura punya Tiger Air, Malaysia punya AirAsia, dan Filipina punya Cebu Pacific.

Dalam hemat Madavaram, Thailand mesti mengembangkan Nok Air. "Ini adalah maskapai penerbangan berongkos murah terbesar di Thailand," katanya.     

Menurut Madavaram, Nok masih kalah bersaing dengan AirAsia Thailand. Pasalnya, maskapai penerbangan itu kini sudah satu dekade menguasai penerbangan domestik Thailand.

Yang juga masih bisa berkembang pada bisnis tersebut adalah Bangkok Airways, NokScoot, serta AirAsia X, imbuh Madavaram. "Pertempuran sebenarnya adalah di Thailand terlebih dahulu, baru kemudian menyambut persaingan di ASEAN," demikian Ravi Madavaram.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com