Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembicaraan Trilateral Asia Timur Dimulai Lagi

Kompas.com - 30/07/2013, 17:13 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pembicaraan trilateral Asia Timur antara China, Jepang, dan Korea Selatan (Korsel) dimulai kembali pada Selasa (30/7/2013) di Shanghai, China. Pembicaraan itu mengusung topik utama perjanjian perdagangan bebas (FTA).

Menurut warta AP, pembicaraan itu bakal rampung pada Jumat (2/8/2013). Topik pembicaraan meliputi kargo dan layanan perdagangan, prosedur bea cukai, ongkos perdagangan, hak kekayaan intelektual, dan perdagangan elektronik. Data mengenai topik bahasan ini disampaikan oleh Perwakilan Negosiator China Yu Jianhua.

Menurut Yu, ketiga negara mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi dan perdagangan. "Ketiga negara juga saling menjadi mitra dagang penting satu sama lain,"kata Yu.

Catatan menunjukkan pada 2012, total produk domestik bruto (GDP) ketiga negara mencapai angka 15 triliun dollar AS. Angka itu setara dengan 20 persen dari GDP dunia. Angka itu juga sama dengan 70 persen dari total GDP Asia.

Sampai dengan akhir tahun kemarin, perdagangan bilateral China dengan Jepang menyentuh angka 329,4 miliar dollar AS. Sementara, perdagangan antara China dengan Korsel mencapai angka 256,3 miliar dollar AS.

Sesi pertama pembicaraan trilateral sudah dihelat pada Maret lalu di Seoul. Sementara, Jepang akan menjadi tuan rumah pembicaraan putaran ketiga pada akhir 2013 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com