Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Wanita di India Ditangkap karena Nikahi Remaja 17 Tahun

Kompas.com - 01/12/2018, 11:18 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MUMBAI, KOMPAS.com - Seorang perempuan di Mumbai, India, dilaporkan ditangkap atas tuduhan telah melakukan pelecehan seksual terhadap suaminya.

Diwartakan BBC Jumat (30/11/2018), perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu ditangkap karena menikah dengan remaja 17 tahun.

Baca juga: Diduga Cabuli Anak di Bawah Umur, Pemilik Kos Dijebloskan ke Penjara

Dia bersama putrinya yang dikabarkan masih berusia lima bulan ditahan setelah ibu suaminya melayangkan laporan ke polisi.

Perempuan berusia 22 tahun itu bersikukuh pernikahan mereka didasarkan atas kesepakatan bersama, dan menantang klaim terkait usia suami yang masih 17 tahun.

BBC memberitakan, usia pernikahan yang diperbolehkan di India adalah 21 tahun bagi pria, dan 18 tahun untuk perempuan.

Selain pelecehan seksual, polisi juga menjerat perempuan itu dengan Undang-undang Pernikahan Anak, penculikan, dan intimidasi.

Times of India melaporkan, kasus itu berawal ketika perempuan tersebut datang ke rumah si pria pada 23 November 2017 bersama orangtua dan saudaranya.

Kepada ibu si pria, perempuan itu mengaku sudah menikah dengan putranya pada 8 November 2017 dan saat ini hendak tinggal di rumah mereka.

Ketika orangtua pria itu menolak, si perempuan mengancam bakal menyakiti dirinya sendiri di depan mereka. Setelah itu dia meninggalkan rumah pukul 11.00 waktu setempat.

Kepergian perempuan itu diikuti oleh si pria dan dia menolak untuk kembali lagi. "Perempuan itu sebelumnya sudah menikah dan bercerai," kata ibu pria itu kepada polisi.

Ibu si pria melanjutkan, putranya sudah menjalin hubungan dengan perempuan itu dalam dua tahun terakhir. Selama itu, perilakunya berubah.

Polisi menerangkan dari keterangan ibu si remaja, perempuan tersebut mengancam bakal bunuh diri jika anaknya menolak bertemu dengannya.

Karena perbuatan perempuan itu, ibu pria tersebut menceritakan betapa putranya begitu stres hingga gagal ujian Kelas 10.

Kepolisian Mumbai mengatakan karena pelaku adalah perempuan, maka mereka meminta pendapat profesional sebelum melaksanakan penangkapan.

Kasus itu terbilang langka. Sebab tidak banyak seorang perempuan ditahan karena menikah dengan pria di bawah umur.

Biasanya, seorang pria berusia 18 tahun atau lebih yang ditahan polisi karena berhubungan dengan perempuan yang berumur di bawah 18 tahun.

Baca juga: Pria Ini Mengaku Membunuh dan Memperkosa 9 Bocah di Bawah Umur

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com