Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maldonado Jadi Pusat Kehebohan di Argentina, Siapa dan di Mana Dia?

Kompas.com - 28/08/2017, 06:49 WIB

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - "Di mana Santiago Maldonado?" begitulah pertanyaan yang diulang-ulang dengan nada kemarahan oleh para pengguna media sosial di Argentina.

Maldonado sat ini menjadi orang yang paling dicari di Argentina setelah hilang dalam aksi unjuk rasa hak suku asli pada awal Agustus di tanah milik perusahaan mode asal Italia, Benetton.

Menteri Kemanan Nasional, Patricia Bullrich, dalam sebuah acara TV, Sabtu (26/8/2017) malam waktu setempat, sampai perlu menegaskan keyakinannya: polisi tidak terlibat dalam hilangnya pria berusia 28 tahun tersebut.

Para saksi mata menyatakan melihat Maldonado ditangkap saat unjuk rasa di Provinsi Patagonia, di selatan Argentina dan setelah itu tak pernah terlihat lagi. Namun, polisi sudah membantahnya.

"Polisi tidak sama lagi dengan yang 40 tahun lalu," jelas Bullrich, merujuk pada masa-masa pemerintahan diktator militer di negara itu.

Para pegiat hak asasi memperkirakan 30.000 orang “hilang” di bawah junta militer Argentina yang brutal dari tahun 1976 sampai 1983.

Baca: Gadis 16 Tahun Disodomi Lalu Dibunuh, Picu Unjuk Rasa Nasional

Bullrich juga meminta agar rakyat tidak menjadikan kasus hilangnya Maldonado untuk “pertarungan politik” dengan mengatakan bahwa pemerintah dan kelompok pegiat hak asasi bekerja sama untuk menemukan kebenarannya.

Namun sejarah tentang hilangnya para pembangkang politik di negara itu membuat kasus Maldonado menjadi bahan pembicaran sehari-hari.

Pemerintah Argentina menawarkan hadiah yang sekitar 30.000 dollar AS atau Rp 400 juta untuk informasi tentang keberadaannya.

Tentang Santiago Maldonado

Saudara pria Maldonado menegaskan “dia bukan militan atau pegiat” namun bersimpati kepada isu yang diangkat para pengunjuk rasa.

Santiago Maldonado adalah seorang pengrajin seni yang kerap bepergian.Facebook/BBC Santiago Maldonado adalah seorang pengrajin seni yang kerap bepergian.
Sebagai seorang pengrajin seni, Maldonado sering bepergian dan yang terakhir dia pindah ke kota para seniman El Bolson di Patagonia.

Di kota itu dia hidup bersama dengan sekelompok orang lainnya dalam sebuah komunitas perpustakaan.

Kini dia menjadi lambang dari berbagai konflik di Argentina, baik itu menyangkut hak-hak suku asli mapun tindakan represi pemerintah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com