Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elizabeth II Rayakan 65 Tahun Menjadi Ratu Inggris

Kompas.com - 07/02/2017, 08:45 WIB

LONDON, KOMPAS.com - 65 Tahun lalu, Putri Elizabeth dari Inggris diangkat menjadi ratu, setelah ayahnya, Raja George VI, mangkat.

Pemilik nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary lahir pada 21 April 1926. Dia ditunjuk menjadi Ratu Kerajaan Inggris sejak 6 Februari 1952.

Namun, baru tahun berikutnya, ia resmi dinobatkan sebagai Ratu Elizabeth II, tepatnya pada 2 Juni 1953.

Kala itu usianya 27 tahun. Acara penobatan Ratu Inggris ini pun menjadi event pertama yang disiarkan langsung di jaringan televisi di masa itu.

Hari Senin (6/2/2017) di Inggris, peringatan 65 tahun bertahtanya Elizabeth II ini ditandai dengan tembakan kehormatan di Green Park dan Menara London.

Elizabeth adalah anak pertama dari dua anak perempuan raja. Dia berada di Kenya ketika ayahnya meninggal akibat kanker paru-paru.

Kini, Elizabeth II menjadi ratu terlama yang memerintah dalam sejarah Inggris. Ia akan berusia 91 tahun, pada April nanti.

Ia memiliki tiga putra dan seorang putri dari suaminya, Pangeran Philip. Anak sulung dan pewaris tahta, Pangeran Charles, Pangeran Andrew, Pangeran Edward, dan Putri Anne.

Kehidupan dan pemerintahan Ratu yang luar biasa baru-baru ini didramatisasi dalam serial televisi, The Crown, yang ditayangkan lewat jaringan Netflix.

Baca: Istana Buckingham Rilis Foto Terbaru Ratu Elizabeth II

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com