Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor Terbesar di Australia, Polisi Temukan 1,4 Ton Kokain di Perahu

Kompas.com - 06/02/2017, 08:09 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Otoritas penegak hukum Australia menemukan 1,4 ton kokain dari sebuah yacht (perahu pesiar) yang tertambat di Sydney. 

Temuan tersebut didapat dalam operasi penggeledahan tengah malam yang dilakukan dalam sebuah misi tersembunyi, akhir pekan lalu.

Enam orang, termasuk lima warga Australia ditangkap dengan tuduhan berkonspirasi dalam penyelundupan obat-obatan terlarang.

Para tersangka menghadapi ancaman hukuman seumur hidup berdasarkan hukum yang berlaku di Australia.

Penegasan ini disampaikan Menteri Kehakiman Michael Keenan dan Menteri Imigrasi Peter dalam sebuah keterangan pers bersama, seperti dikutip Reuters, Senin (6/2/2017).

Temuan ini merupakan yang terbesar dalam sebuah operasi tunggal yang pernah dilakukan di Australia.

Jumlah ini lebih besar 400 kilogram dari rekor penyitaan sebelumnya, yakni 938 kilogram kokain di Australia barat pada tahun 2001 lalu.

"Iantersepsi ini adalah hasil dari upaya selama dua setengah tahun, yang dilakukan dengan kerja sama antarlembaga yakni Polisi Federal Australia, Dinas Perbatasan Australia dan Unit Pelayanan Bea Cukai Selandia Baru."

Kepada wartawan, Keenan mengatakan, nilai jual barang haram ini di Australia lebih mahal sembilan kali lipat dari Amerika Serikat.

Kondisi itu menyebabkan, negara-negara di wilayah pasifik selatan menjadi target atraktif bagi para pengedar obat terlarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com