Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minibus Seruduk Pasar di China, Empat Orang Tewas

Kompas.com - 21/12/2016, 21:22 WIB

BEIJING, KOMPAS.com – Sebuah minibus menyeruduk salah satu pasar di bagian utara Beijing, China, Rabu (21/12/2016) sehingga empat orang tewas dan sejumlah orang terluka.

Meski insiden itu mirip dengan serangan teror truk di Nice, Perancis, pada Juli 2016 dan di Berlin, Jerman pada Senin (19/12/2016), polisi China belum melihat kemungkinan itu sebagai akibat serangan militan.

Reuters melaporkan, insiden tersebut terjadi pada pukul 15.00 waktu setempat di sebuah distrik Changping, di pinggiran utara Beijing.

Sebuah minibus meluncur ke pasar pertanian dan melindas orang-orang di sana. Laporan itu disampaikan aparat kepolisian Beijing dalam mikroblog mereka pada Rabu sore.

Sejumlah korban luka saat ini sedang dirawat intensif di sebuah rumah sakit, namun polisi tidak merinci berapa jumlah pastinya.

Polisi telah menyita dan mengamankan asuh kendaraan dan terduga pelaku yang mengemudi minibus tersebut.

Dalam mikroblognya, polisi Beinjing menyebutkan, penyelidikan sedang berlangsung.

China memiliki catatan keamanan yang buruk dalam sektor lalu lintas sehingga kecelakaan seperti itu merupakan kejadian yang sangat lazim.

Polisi dalam pernyataannya tidak menyebutkan kalau insiden tersebut disengaja. Publik pun berspekulasi tentang apa yang terjadi.

Chian sendiri telah berulangkali mengatakan bahwa negara itu menghadapi ancaman potensial dari militan garis keras yang beroperasi di Xinjiang, China barat daya.

Militan Xinjiang telah berulangkali dituding sebagai otak dalam serangkaian serangan dalam beberapa tahun terakhir. Selain di Xinjiang, serangan juga terjadi di bagian lain China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com