ISIS Eksekusi 284 Pria dan Anak di Mosul - Kompas.com

ISIS Eksekusi 284 Pria dan Anak di Mosul

Kompas.com - 22/10/2016, 12:15 WIB
Associated Press Warga meninggalkan rumah mereka saat terjadi pertempuran hebat antara pasukan keamanan Irak dan kelompok ISIS yang memperebutkan Kota Mosul, Irak, Selasa (18/10/2016). Pergerakan pasukan Irak melambat Selasa kemarin karena NIIS menggunakan penduduk sipil sebagai perisai hidup.

MOSUL, KOMPAS.com - ISIS dikabarkan telah mengeksekusi 284 pria dan anak laki-laki di Mosul, bersamaan dengan serbuan pasukan koalisi di kota tersebut.

Menurut sumber intelijen Irak yang dikutip CNN, orang-orang yang dibunuh pada hari Kamis dan Jumat (21/10/2016) itu, sebelumnya dikumpulkan di sekitar kota dan digunakan sebagai perisai manusia untuk menghadapi serangan yang memaksa ISIS keluar dari sisi selatan kota Mosul.

ISIS kemudian menimbun mayat mereka dengan bulldozer di kuburan massal, di lokasi eksekusi itu, yakni di bekas sekolah pertanian di utara kota. Semua korban dibunuh dengan cara ditembak.

PBB sebelumnya mengkhawatirkan nasib 550 keluarga dari desa-desa sekitar Mosul yang dipaksa ISIS untuk menjadi perisai manusia saat tentara Irak dan Kurdi menyerang kelompok itu di Mosul.

Sebelumnya diberitakan, 200 keluarga dari Desa Samalia dan 350 keluarga dari Najafia dipaksa ke Mosul. ISIS melakukan itu untuk mencegah mereka melarikan diri, kata Ravina Shamdasani, wakil juru bicara Kantor Hak Asasi Manusia PBB.

EditorWisnubrata
SumberCNN
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM