Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Perdana AS-Kuba dalam 50 Tahun Telah Mendarat di Santa Clara

Kompas.com - 01/09/2016, 07:57 WIB

SANTA CLARA, KOMPAS.com – Penerbangan komersial perdana Amerika Serilat ke Kuba dalam kurun 50 tahun telah mendarat di Santa Clara, Kuba, Rabu (31/8/2016) waktu setempat.

Menurut Voice of America, Jet Blue dengan nomor penerbangan 387 meninggalkan Fort Lauderdale, Florida, AS , Rabu pagi sekiar pukul 10.00 waktu setempat) dengan membawa 150 penumpang.

Di antara penumpang terdapat Menteri Perhubungan AS, Anthony Foxx, CEO Jet Blue Robin Hayes, para  jurnalis dan pelaku perjalanan keturunan Kuba.

Warga AS masih dilarang berkunjung sebagai turis, meskipun sudah ada kekecualian, yakni mulai dari keperluan keluarga, sampai ke perjalanan bisnis, budaya, keagamaan, dan pendidikan.

Kantor berita Reuters menambahkan, penumpang mengisi hampir setengah kursi pada penerbangan perdana ke Santa Clara.

Santa Clara adalah kota dengan populasi sekitar 200.000 jiwa, tempat berdirinya monumen pemimpin revolusioner Ernesto "Che" Guevara .

Diharapkan, setelah Santa Clara, kota-kota di Kuba lainnya akan membuka penerbangan selanjutnya untuk merajut lagi hubungan baik Kuba dengan AS.

American Airlines Group Inc bakal mendapat porsi terbesar dalam membangun jembatan udara antara kedua negara itu setelah penerbangan komersial terakhir antara AS dan Kuba terjadi pada 1961.

AS dan Kuba pada Januari lalu telah bersepakat untuk memulihkan penerbangan menyusul normalisasi hubungan pada Desember 2014.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com