Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Meluncur, Layanan Antar Pizza Pakai "Drone"

Kompas.com - 25/08/2016, 18:03 WIB

AUCKLAND, KOMPAS.com - Sebuah restoran waralaba pizza di Selandia Baru ingin menjadi perusahaan pertama di dunia yang menawarkan layanan pengantaran dengan pesawat nirawak atau drone komersial.

Sebelumnya, beberapa perusahaan terbesar di dunia termasuk Amazon.com Inc dan Google, atau yang sekarang dikenal dengan Alphabet Inc, telah berencana mengirim barang dengan pesawat nirawak.

Otoritas penerbangan di AS, Inggris, Australia, dan Selandia Baru telah melonggarkan aturan untuk memungkinkan pengantaran lewat udara.

Bulan lalu, jaringan toko kelontong AS 7-Eleven Inc melakukan uji coba penggunaan pesawat nirawak komersial pertama untuk mengantarkan kopi, donat, dan roti lapis ayam.

Domino's Pizza Enterprises Ltd melakukan pengantaran pizza dengan pesawat nirawak di Auckland, Selandia Baru, Kamis (25/8/2016).

Pengantaran ini dilakukan setelah mereka menyatakan ingin menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan layanan pesawat nirawak reguler akhir tahun ini.

"Kami selalu mengatakan tidak masuk akal mengirim pesanan dua kilogram dengan mesin seberat dua ton," ujar CEO Domino's Don Meij.

Dengan langit bersih dan jumlah penduduk hanya 4,4 juta, Selandia Baru tahun lalu menjadi salah satu negara di dunia yang membolehkan pengantaran dengan pesawat nirawak komersial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com