Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Bantu Hamas, Seorang Staf PBB Ditangkap Israel

Kompas.com - 09/08/2016, 18:19 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Pemerintah Israel, Selasa (9/8/2016), mengatakan, telah menahan seorang pekerja PBB karena diduga memberi bantuan kepada kelompok Hamas di Jalur Gaza.

Waheed Borsh, seorang insinyur yang sudah bekerja untuk Program Pembangunan PBB (UNDP) sejak 2003, ditahan pada 16 Juli lalu dan disidangkan di Israel hari ini.

Waheed menjadi pekerja kemanusiaan kedua dalam sepekan terakhir yang dituduh Israel memberikan bantuan untuk Hamas.

"Waleed Borsh, 38, asal Jabaliya di wilayah utara Gaza direkrut oleh seorang anggota senior Hamas untuk menjadikan pekerjaannya di UNDP untuk kepentingan militer Hamas," demikian pernyataan pemerintah Israel.

Pemerintah Israel menambahkan, Waleed sudah mengakui beberapa dakwaan yang dijeratkan kepadanya termasuk membantu pembuatan kapal motor militer Hamas di Jalur Gaza dengan menggunakan dana UNDP.

"Hal ini menunjukkan bagaimana Hamas mengeksploitasi sumber-sumber bantuan internasional dan mengorbankan kepentingan warga sipil Gaza," tambah pemerintah Israel.

Pernyataan ini menyusul tudingan terhadap direktur LSM asal AS, World Vision di Jalur Gaza yang disebut mengalihkan jutaan dolar dana bantuan internasional kepada Hamas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com