Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Banglades Tangkap Anggota Militan Penyerang Seorang Penerbit

Kompas.com - 16/06/2016, 17:15 WIB

DHAKA, KOMPAS.com - Kepolisian Banglades, Kamis (16/6/2016), mengatakan telah menangkap seorang anggota militan yang disangka menyerang seorang penerbit tahun lalu.

Soman Hossain Patowari (20), ditangkap di Dhaka pada Rabu (15/6/2016) malam, terkait serangan yang melukai penerbit Ahmedur Rashid Tutul dan dua orang lainnya di kantor sang penerbit di ibu kota Banglades, pada Oktober tahun lalu.

Penangkapan itu terjadi di tengah operasi besar-besaran untuk menangkap para anggota militan yang sejauh ini sudah menangkap 11.000 orang termasuk 176 tersangka anggota kelompok militan.

Polisi mengatakan, Patowari adalah anggota sebuah kelompok terlarang, Ansarullah Bangla Team (ABT).

"Dia mengakui sebagai pelaku pembacokan Tutul. Dia mengaku membacoknya sebanyak tiga kali," ujar Monirul Islam, komandan unit anti-terorisme kepolisian Banglades.

Islam mengatakan, penangkapan Patowari merupakan sebuah terobosan penting dalam upaya menghancurkan ABT, kelompok yang diyakini mendalangi sejumlah serangan.

Ahmedur Rashid Tutul menjadi korban penyerangan setelah menerbitkan sebuah buku karya penulis AS kelahiran Banglades, Avijit Roy yang diketahui sebagai seorang ateis.

Roy sendiri tewas dibunuh di luar sebuah pameran buku di Dhaka pada awal 2015.

Di hari yang sama dengan penyerangan Tutul, seorang penerbit berhaluan sekuler lainnya dibunuh di kantornya di dekat Universitas Dhaka.

Saat itu, sebuah kelompok bernama Ansar al-Islam yang mengklaim sebagai cabang Al Qaeda Anak Benua India (AQIS) di Banglades, mengaku bertanggung jawab atas kedua serangan itu.

Namun dalam perkembangannya, polisi menyebut bahwa AQIS dan ABT adalah dua kelompok yang sama.

"Ansar al-Islam dan Ansarullah Bangla Team berisi orang-orang yang sama," ujar juru bicara kepolisian Dhaka, Masudur Rahman.

Lebih jauh, kepolisian menyebut tak ada bukti yang menguatkan dugaan bahwa ABT dan Ansar al-Islam memiliki keterkaitan langsung dengan Al Qaeda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com