Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Gelar Perburuan Hiu Pembunuh Manusia

Kompas.com - 06/06/2016, 18:51 WIB

PERTH, KOMPAS.com - Perburuan untuk mencari ikan sepanjang 6 meter yang menewaskan seorang penyelam perempuan di Australia Barat digelar pada Senin (6/6/2016).

Doryen Collyer (60) diserang lalu diseret hiu itu hingga sejauh satu kilometer dari pantai Perth, Minggu (5/6/2016). Sejumlah saksi mata mengatakan, hiu itu jauh lebih besar dari perahu berukuran 5,3 meter.

Departemen Perikanan Australia Barat akan mengerahkan alat penangkap untuk menjebak hiu putih raksasa yang menebar ancaman serius terhadap warga.

Tony Cappeluti dari departemen perikanan mengatakan, jika hiu tersebut ditangkap maka kemungkinan besar hewan itu akan dibunuh demi keamanan publik.

Namun, rencana pemerintah ini menuai kritik dari organisasi hak-hak hewan, Humane Society Internasional (HSI).

"Reaksi pemerintah ini tak lebih dari sekadar sebuah pembalasan dendam," kata Michael Kennedy, direktur kampanye HSI.

Sementara itu, PM Australia Barat Colin Barnett mengatakan, negara bagian itu sudah mengalami 14 kali kejadian hiu yang menewaskan manusia sejak 2000.

"Tak ada keraguan lagi bahwa jumlah serangan hiu dan kematian akibat serangan hiu telah meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir," kata Barnett kepada jurnalis di Perth.

Barnett mengatakan, sejumlah langkah untuk mengurangi serangan hiu sudah dilakukan, termasuk patroli udara untuk memperingatkan warga yang berenang di laut jika seekor hiu terlihat mendekat.

Namun, langkah drastis seperti menangkap dan membunuh ikan predator itu sudah sejak lama menjadi kontroversi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com