Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota di Colorado Gunakan Pajak Ganja untuk Bantu Tunawisma

Kompas.com - 13/05/2016, 16:26 WIB

DENVER, KOMPAS.com — Aurora, salah satu kota terbesar ketiga di negara bagian Colorado, AS, membuat sebuah terobosan terkait pemanfaatan ganja.

Pemerintah kota ini menyumbangkan uang jutaan dollar AS yang didapat dari pajak penjualan mariyuana kepada sebuah organisasi nirlaba yang membantu para tunawisma.

Pemerintah Aurora menyerahkan bantuan sebesar 4,5 juta dollar AS atau hampir Rp 60 miliar dari hasil pajak penjualan ganja kepada Colfax Community Network yang membantu warga miskin untuk tinggal di motel dan apartemen.

Organisasi ini juga menyediakan makanan, pakaian, produk-produk kesehatan, dan berbagai kebutuhan lainnya serta sejumlah program untuk warga tidak mampu.

Sementara itu, pemerintah kota sendiri menganggarkan 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 20 miliar untuk tahun anggaran 2017 dan 2018 untuk membantu para tunawisma.

Anggaran ini untuk menambah jumlah uang dalam jumlah sama yang sudah disetujui dalam rencana belanja kota Aurora 2016.

Selain itu, pemerintah negara bagian Colorado juga memberikan bantuan sebesar 220.000 dollar AS untuk membiayai operasional organisasi nirlaba ini sebagai bagian dari rencana dua tahun untuk mengatasi masalah tunawisma di kota itu.

"Colfax Community Network sangat membutuhkan bantuan karena organisasi ini nyaris tak memiliki dana untuk bekerja," kata Nancy Sheffield, direktur layanan warga kota Aurora, kepada harian Aurora Sentinel.

Dewan kota juga mempertimbangkan pembangunan sebuah pusat layanan untuk para tunawisma, yaitu tempat di mana mereka bisa mencuci pakaian, mandi, dan mendapatkan layanan kesehatan mental.

Harian Denver Post menulis, pajak yang diperoleh dari penjualan mariyuana ini menjadi sebuah bantuan yang sangat berharga bagi berbagai organisasi nonprofit.

"Kami ingin menunjukkan kepada warga bahwa kami memberikan dampak positif untuk warga dan melakukan proyek spesifik tempat uang tersebut akan digunakan," kata anggota dewan kota, Bob Roth.

Izin penjualan ganja untuk keperluan rekreasional diterbitkan pada Oktober 2014 dan menjadikan Colorado negara bagian pertama yang melegalkan penggunaan ganja untuk keperluan rekreasional.

Kini, terdapat 20 tempat penjualan ganja di berbagai kota, tetapi pemerintah membatasi tempat resmi penjualan ganja 24 tempat saja.

Pada 2015, pemerintah kota mendapat penghasilan dari pajak ganja sebesar 2,65 juta dollar AS dan jumlah ini diharapkan meningkat menjadi 5,4 juta dollar AS pada 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com