Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Warga Palestina Penikam Wanita Israel Ditembak Mati

Kompas.com - 17/03/2016, 17:51 WIB
JERUSALEM, KOMPAS.com — Dua warga Palestina menikam seorang wanita Israel di dekat permukiman Yahudi di Tepi Barat, Kamis (17/3/2016). Namun, keduanya pun ditembak mati.

Insiden terbaru itu kembali menambah panjang deretan kekerasan yang terjadi sejak Oktober tahun lalu. Konflik panjang antara Israel–Palestina tidak kunjung usai meski berbagai upaya telah dilakukan oleh komunitas internasional.

Menurut tentara Israel, serangan terjadi di persimpangan Ariel, Tepi Barat. Wanita yang terluka akibat penikaman itu telah dibawa ke rumah sakit. Dua penyerang ditembak oleh tentara di tempat kejadian perkara.

Sejak 1 Oktober 2015, gelombang kekerasan telah menewaskan 196 warga Palestina dan 28 warga Israel, dua warga Amerika Serikat, serta masing-masing satu warga Eritrea dan Sudan.

Otoritas Israel mengatakan, sebagian besar warga Palestina tewas karena menyerang dengan pisau, senjata, atau penabrakan dengan mobil. Sementara yang lainnya ditembak mati selama protes dan bentrokan.

Banyak analis mengatakan, warga Palestina sedang frustrasi akibat penjajahan Israel. Akibat pendudukan itu, pembangunan di Tepi Barat tidak bisa berjalan. Upaya perdamaian juga tidak bisa dilakukan selain karena faktor Israel, juga rakyat Palestina tidak bersatu.

Israel menuduh pemimpin Palestina dan media massa sebagai penyebab utama kekerasan. Sebagian besar penyerang adalah pemuda, termasuk remaja.

Presiden Mahmoud Abbas menuding Israel telah menjajah Palestina dari berbagai sisi. Tindakan Israel itu merendahkan kemanusiaan. Ia meminta masyarakat internasional terus mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com