Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Barang Dikasih Bekas Kekasih, Simpanlah di "Museum Patah Hati" di Los Angeles

Kompas.com - 05/03/2016, 08:00 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Sebuah museum baru di Los Angeles mencari orang-orang yang patah hati untuk bersedia menyumbangkan barang-barang sisa hubungan masa lalu mereka untuk dipamerkan kepada publik.

Museum of Broken Relationships itu akan membuka permanen keduanya pada Mei 2016. Didirikan oleh seorang seniman Kroasia pada tahun 2006, museum ini akan menampilkan berbagai item dari hubungan kekasih yang gagal mulai dari CD dan kaset hingga sepatu olahraga tua dan properti kenangan manis dan pahit lainnya.

"Museum of Broken Relationships tumbuh dari sebuah pameran keliling seputar konsep hubungan yang gagal dan sisa-sianya yang masih membekas," tulis di halaman museum.

"Museum ini menawarkan kesempatan untuk mengatasi kegagalan emosional melalui penciptaan dengan berkontribusi untuk koleksi permanen," tulis United Press International, Jumat (4/3/2016).

Pihak yang berminat dapat mengirimkan sumbangan mereka ke museum bersama dengan "cerita" yang memberikan rincian tentang item dan signifikansi emosional mereka. Barang kenangan itu kemudian ditampilkan secara anonim meskipun nama lengkap diperlukan dalam proses donasi untuk mengonfirmasi persetujuan.

Barang-barang yang disumbangkan dari semua jenis mulai dari surat-surat yang ditulis tangan, entah itu dalam ukuran besar atau kecil, mahal atau murah. Ada juga item instrumen atau kendaraan yang dapat dipamerkan selama "cerita" yang menyertainya.

Barang-barang itu juga tidak mengandung konten yang dianggap menyinggung atau bersifat diskriminatif terhadap pribadi, seksual, ras, agama, nasional, atau alasan etnis.

Museum ini mengadakan serangkaian acara pop-up sebelum pembukaan resmi, masing-masing menampilkan koleksi item kecil pada platform.

Seorang Wakil Kepada LA Weekly mengatakan, pameran akhir akan berisi sekitar 100 item, termasuk 70 persen dari lokasi Kroasia. Lainnya berasal dari sumbangan lokal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com