Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potongan Tubuh Manusia Ditemukan di Berbagai Penjara Kolombia

Kompas.com - 18/02/2016, 18:49 WIB
BOGOTA, KOMPAS.com — Potongan tubuh manusia yang diperkirakan berasal dari 100 orang tahanan ditemukan di saluran pembuangan di sebuah lembaga pemasyarakatan di ibu kota Kolombia, Bogota.

Di Lapas La Modelo, Bogota, salah satu penjara terbesar di Kolombia, para penyelundup narkoba dengan pemberontak Marxis serta paramiliter kanan hidup bersama dalam kekerasan.

Potongan tubuh manusia juga ditemukan di penjara-penjara kota Popaya, Bucaramanga, dan Barranquilla. Demikian kata Caterine Heyck, penyidik kantor Kejaksaan Agung Kolombia.

"Jumlah korban tak diketahui, tetapi yang pasti di atas 100 orang dan sangat mungkin lebih banyak lagi," ujar Caterina kepada wartawan di Bogota.

"Potongan tubuh tahanan, pengunjung, dan orang lainnya ditemukan di saluran pembuangan air di sekitar penjara," kata Caterina.

Penjara-penjara di Kolombia adalah yang paling padat dan keras di Amerika Latin, ditambah para narapidana kasus narkotika.

Di dalamnya ditahan para anggota gerilyawan komunis dan lawan mereka, paramiliter sayap kanan. Alhasil, kekerasan hampir selalu terjadi. Salah satu penjara di kota La Guajira bahkan sudah kelebihan kapasitas hingga 478 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com