Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seruan agar Orang Yahudi di Marseille Tak Memakai Kopiah Ditolak

Kompas.com - 13/01/2016, 11:09 WIB
MARSEILLE, KOMPAS.com - Kepala rabi Perancis menolak seruan agar orang Yahudi di kota Marseille tidak mengenakan kopiah tradisional atau kippah di jalan-jalan setelah terjadi serangan di sana pada Senin (11/01).

Seruan ini semula disampaikan oleh pemimpin komunitas Yahudi di Marseille melalui stasiun radio menyusul serangan terhadap seorang guru Yahudi.

Serangan dilakukan oleh seorang remaja yang mengatakan ia melancarkan aksinya atas nama kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS.

"Dalam situasi-situasi luar biasa, kita harus mengambil keputusan luar biasa. Saya melakukan hal ini dengan kesedihan mendalam, saya merasa sakit menyampaikan seruan ini melalui stasiun rasio, pengumuman kepada komunitas di Marseille bahwa mulai hari ini lebih baik tidak mengenakan kopiah di luar," kata pemimpin komunitas Yahudi di Marseille, Zvi Ammar.

Namun kini Kepala Rabi Perancis, Haim Korsia, menyerukan agar orang-orang Yahudi di Perancis tetap mengenakan kippah dan membentuk "front bersatu".

Marseille, yang berpenduduk Yahudi terbesar kedua di Perancis, mengalami sejumlah serangan selama beberapa bulan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com