Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walikota Dibunuh Sehari Setelah Menjabat

Kompas.com - 03/01/2016, 13:41 WIB
TEMIXCO, KOMPAS.com - Seorang perempuan walikota di sebuah kota praja di Meksiko dibunuh sekelompok orang bersenjata di dalam rumahnya hari Sabtu (2/1/2016), sehari setelah ia menduduki jabatan walikota.

Gisela Mota Ocampo disumpah hari Jumat untuk memimpin Temixco, kota berpenduduk hampir 100.000 orang yang terletak 60 mil sebelah selatan Mexico City.

Para penyerang memasuki rumahnya Sabtu pagi saat keluarganya berada di rumah. Mereka membunuhnya di pintu masuk rumahnya, kata Alberto Capella, komisaris keamanan Negara Bagian Morelos, pada saat konferensi pers.

Polisi kemudian melakukan pengejaran dan terlibat baku tembak dengan orang-orang bersenjata itu, menewaskan dua orang dari mereka, katanya. Dua orang dewasa dan seorang remaja ditangkap dan akan dituntut, kata Javier Perez Duron, Jaksa Agung di Morelos.

Pemerintah Negara Bagian Morelos mengeluarkan pernyataan yang memuji Mota Ocampo sebagai "pelayan publik yang jujur dan berkomitmen" dan menyebut serangan tersebut sebagai "tantangan yang kejahatan terorganisir luncurkan terhadap tatanan konstitusional dan demokratis."

"Pemerintah Negara Morelos menyatakan dengan tegas bahwa kami tidak akan berkompromi atau mundur selangkah dalam membangun keamanan, kedamaian dan keharmonissn," bunyi pernyataan itu.

Negara Bagian Morelos dikenal karena kegiatan kartel narkobanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com