Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjagaan Ketat Warnai Perayaan Tahun Baru di New York

Kompas.com - 01/01/2016, 11:24 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

Sumber Reuters
NEW YORK, KOMPAS.com - Kepolisian melakukan penjagaan super-ketat di kota New York, khususnya Times Square, yang akan menjadi jantung perayaan malam Tahun Baru 2016.

Saat ini, waktu menunjukan pukul 23.00 waktu New York yang berarti berjarakan 1 jam dari perayaan tahun baru yang biasanya berlangsung sangat meriah di kota apel itu.

Diperkirakan jutaan orang akan memadati Times Square yang merupakan lokasi tradisional simbolik perayaan tahun baru di negeri Paman Sam.

Sebuah bola kristal besar yang jatuh disertai letupan pesta kembang api akan menandai resminya pergantian tahun.

Memori serangan teror Paris 2 bulan lalu dan sejumlah ancaman keamanan lainnya yang mengguncang dunia dua bulan terakhir membayangi perayaan malam tahun baru ini.

Kepolisian memutuskan meningkatkan penjagaan lebih ketat dari biasanya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Sebanyak 6.000 polisi yang berpakaian sipil (preman) akan berjaga-jaga, didukung oleh anjing pelacak bom, detektor radiasi, dan ratusan kamera pengawas.

Sejauh ini, Kementerian Keamanan Nasional AS menyatakan tidak ditemukan adanya ancaman keamanan spesifik. Walaupun begitu, para turis yang khusus datang ke New York terlihat gembira dan tidak sabar menunggu perayaan.

“Ini adalah pusat perayaan tahun baru di dunia,” ucap Rick Miley, seorang warga yang berkunjung dari kota Boston.

“Kita sudah menaruh New York di daftar tempat yang harus dikunjungi untuk merayakan tahun baru,” Debbie Miley, istri Rick dengan sumringah menuturkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com