Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 8,3 SR di Cile, 5 Orang Tewas

Kompas.com - 17/09/2015, 14:39 WIB
CILE, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 8,3 SR mengguncang pantai Cile. Lima orang tewas, sementara ribuan orang lainnya mengungsi. Demikian dilaporkan The Mirror.

Korban tewas di antaranya seorang perempuan berusia 26 tahun akibat tertimpa tembok runtuh. Sisanya meninggal karena serangan jantung sesaat setelah gempa.

Gempa tersebut mengguncang bangunan-bangunan di ibu kota negara tersebut, Santiago, sekitar 280 km menuju selatan, dan menyebabkan banjir di sejumlah daerah pantai yang mendapatkan peringatan tsunami.

Presiden Cile, Michelle Bachelet, berencana mengunjungi daerah terparah terdampak gempa.

"Sekali lagi kita harus berurusan dengan pukulan keras lain dari alam," ucap Bachelet dalam wawancara wartawan televisi di negara tersebut.

Stasiun televisi setempat menampilkan kepanikan orang-orang di jalan sesaat setelah gempa yang terbesar sejak 2010 itu terjadi [baca juga: Gempa 8 Skala Richter Guncang Cile dan Berpotensi Tsunami]. Mereka tampak berkerumun di sepanjang jalan dengan bangunan rusak di kiri dan kanan jalan. [Baca juga: Gempa Berkekuatan 8,3 Guncang Cile, Peringatan Tsunami Pun Dikeluarkan]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com