Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlian 100 Karat Terjual Rp 285 Miliar dalam Lelang di New York

Kompas.com - 22/04/2015, 18:36 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com — Sebuah berlian 100 karat yang berasal dari sebuah tambang di Afrika Selatan terjual dengan harga 22,1 juta dollar AS atau sekitar Rp 285 miliar hanya dalam tiga menit di balai lelang Sotheby's, New York, Selasa (21/4/2015).

Saat membuka lelang, pihak Sotheby's menghargai berlian itu minimal 19 juta dollar AS, dan menyebutnya sebagai "berlian sempurna terbesar dengan potongan zamrud yang pernah dilelang".

"Warna berlian ini lebih putih dari putih. Berlian ini juga bebas dari ketidaksempurnaan, sangat transparan, sehingga bisa dibandingkan dengan kolam berisi air es," ujar Gary Schuler, Kepala Departemen Perhiasan Sotheby's New York, sesaat sebelum lelang digelar.

Berlian ini ditemukan di salah satu tambang milik De Beers di Afrika Selatan, lalu dipotong, dogosok, dan disempurnakan selama lebih dari satu tahun. Pemenang lelang itu adalah seorang kolektor yang menawar lewat telepon dan meminta agar identitasnya dirahasiakan.

Sebelumnya, Sotheby's sudah memamerkan berlian ini dua kali di Doha dan Dubai, lalu di Los Angeles, Hongkong, London, dan New York, sebagai upaya untuk menarik minat pembeli.

Manajemen Sotheby's mengatakan, hanya ada lima berlian sejenis yang bisa dibandingkan dengan kualitas berlian yang baru saja dilelang itu. Salah satunya adalah berlian yang terjual 30,6 juta dollar AS dalam lelang di Hongkong pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com