Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Hargai Kebijaksanaan Lee Kuan Yew

Kompas.com - 23/03/2015, 06:14 WIB
Hindra Liauw

Penulis

Sumber AFP
WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama memuji Lee Kuan Yew sebagai sosok visioner dan "raksasa sejati sejarah" setelah perdana menteri pertama Singapura meninggal di usia 91, Senin (23/3/2015).

Lee, yang mendominasi politik Singapura selama lebih dari setengah abad, adalah seorang pemimpin otoriter yang mengubah negara kota dari pos kekaisaran Inggris yang tertidur menjadi pusat keuangan dunia.

"Seorang visioner yang memimpin negaranya dari kemerdekaan Singapura pada tahun 1965 untuk membangun salah satu negara paling makmur di dunia saat ini. Ia adalah seorang pegawai negeri setia dan seorang pemimpin yang luar biasa," kata Obama dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan dalam sebuah pernyataan: "Saya pribadi menghargai kebijaksanaannya, termasuk diskusi kami selama perjalanan ke Singapura pada tahun 2009, yang sangat penting dalam membantu saya merumuskan kebijakan kami mengimbangi ke Asia Pasifik."

"Dia adalah seorang raksasa sejati sejarah yang akan dikenang oleh generasi mendatang sebagai bapak Singapura modern dan sebagai salah satu ahli strategi besar urusan Asia."

Mantan presiden AS George W Bush dan ayahnya George HW juga memuji peran penting Lee dalam sejarah Singapura.

"Ayah dari Singapura hari ini mengubah negaranya dan membantu mengantar kawasan ASEAN ke era modern," kata George W. Bush dalam sebuah pernyataan.

"Bangsa yang ditinggalkannya merupakan suatu kekuatan berpengaruh untuk stabilitas dan kemakmuran, dan teman bagi Amerika Serikat."

Dalam pernyataan terpisah, George HW Bush mengatakan: "Saya akan selalu bangga bahwa Lee Kuan Yew adalah teman saya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com