Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktris Iran Berpose Bugil untuk Majalah Perancis

Kompas.com - 06/02/2015, 16:41 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Seorang aktris Iran yang tinggal di pengasingan Golshifteh Farahani mengirim pesan perlawanan terhadap pemerintahan para Ayatolah di Teheran.

Farahani menyampaikan pesan perlawanan itu dengan berfoto bugil untuk sampul sebuah majalah terbitan Perancis, Egoiste. "Perancis sudah membebaskan saya," kata aktris berusia 31 tahun itu seperti dikutip majalah tersebut.

"Paris adalah satu-satunya tempat di dunia di mana perempuan tidak pernah merasa bersalah. Di Timur, perempuan selalu menjadi sasaran kesalahan, sejak kami merasakan dorongan seksual pertama kali," tambah Farahani.

Peraih penghargaan Beruang Perak di Festival Film Berlin dan peraih Film Naratif Terbaik di Festival Film Tribeca 2009 itu dikabarkan telah diperingatkan pemerintah Iran pada 2012 agar tidak kembali ke negeri itu.

Pemberitahuan itu muncul beberapa hari setelah video promosi film Si Tu Meurs, Je Te Tue (If You Die, I'll Kill You) dirilis. Dalam video itu Farahani bersama 30 aktor dan aktris Perancis melepas salah satu pakaian mereka sebagai simbol komitmen penuh mereka untuk seni peran.

Harian The Guardian mengabarkan dalam video itu, Farahani memperlihatkan payudara sebelah kanannya sambil berkata: "Saya akan berikan tubuh ini untuk mimpi kalian."

"Saya mendapatkan pemberitahuan dari Kementerian Kebudayaan dan Tuntutan Islam bahwa Iran tak membutuhkan aktris atau aktor. Mereka mengatakan saya dipersilakan menawarkan layanan artistik ke tempat lain," ujar Farahani seperti dikutip harian The Telegraph.

Farahani dikenal dunia ketika menjadi lawan main aktor Hollywood Leonardo DiCaprio dan Russel Crowe dalam film Body of Lies, sekaligus menjadi aktris Iran pertama yang tampil dalam film besar Hollywood sejak Revolusi Iran 1979.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com