Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Iran Gagal Arungi Laut 1.600 Km dengan Balon

Kompas.com - 06/10/2014, 03:56 WIB
FLORIDA, KOMPAS.com - Seorang warga Iran dalam pengasingan yang melakukan perjalanan lebih 1.600km dari Florida, Amerika Serikat ke Bermuda di Laut Atlantik dengan menggunakan balon tiup raksasa, mengalami kegagalan.

Reza Baluchi -seorang pelari ketahanan tubuh- diselamatkan Pengawal Pantai Amerika Serikat pada hari Sabtu 4 Oktober karena menderita kelelahan parah.

Pengawal Pantai telah memintanya untuk menghentikan usahanya hari Rabu setelah dia ditemukan kehilangan arah dan menanyakan cara mencapai Bermuda. Tetapi Baluchi menolak desakan tersebut.

Dia diberikan suaka di AS pada tahun 2003 setelah melarikan diri dari Iran.

Pada situs internetnya, pegiat perdamaian ini mengatakan dirinya berusaha melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan buatan sendiri untuk menggalang dana bagi anak-anak dan menjadi "inspirasi orang-orang yang telah kehilangan harapan bagi masa depan yang lebih baik".

Dia mengatakan telah merencanakan setiap rincian perjalanan agar usahanya berhasil.

Baluchi memandang dirinya sebagai seorang 'pelaut handal' dan mengatakan akan memakan makanan berprotein selama beberapa hari jika tidak berhasil menangkap ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com