Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Minta Kongres Kucurkan Rp 1 Triliun untuk Perangi Ebola

Kompas.com - 15/09/2014, 23:20 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kongres AS diperkirakan bakal menyetujui permintaan kucuran dana sebesar 88 juta dolar AS atau sekitar Rp 1 triliun yang diminta Presiden Barack Obama untuk memerangi wabah ebola.

Obama pada Selasa (16/9/2014), akan mengunjungi Atlanta untuk bertemu dengan otorita medis di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) sekaligus mengumumkan bantuan untuk kawasan Afrika barat yang paling parah dihantam wabah ebola.

Pekan lalu Obama mengatakan dia akan meningkatkan upaya AS untuk memerangi wabah ebola yang sudah menewaskan lebih dari 2.400 orang itu. Pernyataan Obama itu menunjukkan semakin meningkatnya perhatian dan keprihatinan Gedung Putih terkait implikasi keamanan dan kemanusiaan akibat wabah ebola yang menyebar cepat itu.

Harian The Wall Street Journal mengabarkan inisiatif Obama ini kemungkinan besar akan termasuk pasokan obat-obatan, pelatihan untuk pekerja kesehatan setempat dan meningkatkan sistem kesehatan publik di Afrika serta meningkatkan pelatihan bagi dokter dan staf medis.

Dalam kesempatan lain Obama mengatakan dirinya yakin dalam tahap ini ebola belum secara langsung mengancam AS, namun dia memperingatkan virus itu bisa bermutasi dan menjadi masalah di dalam dan di luar Afrika.

Sementara itu, Pentagon telah mengumumkan segera mengirim sebuah rumah sakit lapangan berkapasitas 25 tempat tidur ke Liberia serta mengerahkan personel kesehatan yang diperlukan untuk mengisolasi dan merawat mereka yang terjangkit penyakit itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com