Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Tiongkok Paling Getol Belanja Oleh-oleh

Kompas.com - 13/09/2014, 21:16 WIB
KOMPAS.com - Turis Tiongkok terkenal paling getol belanja oleh-oleh. Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo merasakan hal itu.

Menurut laman Bangkok Post pada Sabtu (13/9/2014), pemerintah tersebut membeberkan angka-angka tahun fiskal 2013. Turis Tiongkok biasanya memiliki waktu berkunjung singkat. Rata-rata, dua hari berkunjung.

"Akan tetapi, mereka getol belanja oleh-oleh dalam jumlah banyak,"kata pernyataan otoritas Pemerintah Kota Metropolitan Tokyo.

Turis Tiongkok rata-rata menghabiskan uang 122.684 yen atau setara dengan 644.000 baht untuk belanja oleh-oleh di mal-mal ternama di Tokyo. Sementara turis asing lainnya cuma mengeluarkan 46.546 yen.

Turis asal Tiongkok dalam perhitungan total per perjalanan mengeluarkan duit 191.741 yen. Dari jumlah itu, sebanyak 31.560 yen untuk biaya penginapan. Kemudian, masih dari jumlah total tadi, turis asal Tiongkok membayar 24.336 yen untuk makanan.

Kemudian, sebanyak 69,1 persen turis Tiongkok di Tokyo selalu bertandang ke Ginza untuk memberi oleh-oleh barang mewah. Kemudian, ada 61 persen dari jumlah turis Tiongkok berbelanja di Akihabara. Di Tokyo, Akihabara sohor sebagai pusat elektronik.

Menyusul di bawah turis Tiongkok, ada turis asal Singapura dan Spanyol yang juga bernafsu besar ihwal belanja. Rata-rata, turis Singapura menghabiskan duit 135.377 yen. Sementara, turis Spanyol mengeluarkan ongkos hingga 129.558 yen.

Catatan pemerintah Tokyo di atas merupakan hasil survei pedatangan turis dari bandar udara internasional Haneda dan Narita. Jangka waktunya adalah antara tahun fiskal 2012 hingga akhir tahun fiskal 2013 pada Maret. Jumlah responden turis asing ada 11.890 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com