Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shinjuku Lebih Populer Dibanding Ginza

Kompas.com - 07/02/2008, 20:10 WIB

TOKYO, KAMIS - Hasil riset terbaru yang digelar The Japan National Touris Organization (JNTO) menyebutkan, turis asing yang berkunjung ke Jepang ternyata lebih memilih kawasan Shinjuku ketimbang Ginza, meski masih sama-sama berlokasi di Tokyo.

Kesimpulan ini didasarkan atas komentar para turis asing yang berkunjung ke Jepang selama musim panas dan musim dingin di tahun 2006 dan 2007, demikian JNTO dalam keterangannya seperti dikutip Kyodo di Tokyo, Kamis waktu setempat.

Menurut  keterangan 13.891 turis asing yang menjadi responden, Shinjuku menjadi populer karena menyediakan berbagai fasilitas akomodasi yang baik dan tersedianya pusat-pusat perbelanjaan yang beraneka ragam, seperti Kabukicho entertainment district.

Dari jumlah tersebut, turis asal Korea Selatan merupakan kelompok terbesar (25 persen), diikuti wisatawan dari Taiwan, China, Hong Kong, Amerika Serikat dan Inggris.

Wilayah favorit lain setelah Shinjuku, adalah kota Osaka, Kyoto, kawasan Ginza dan Shibuya. Dua lokasi terakhir merupakan kawasan yang juga tidak kalah populernya di Tokyo.

Sementara itu, kota-kota di selatan Jepang, khususnya di kepulauan Kyushu (pulau terbesar ketiga) juga banyak digemari turis asal Korea Selatan, misalnya Fukuoka, yang menempati peringkat ketiga. Urutan kedua ditempati Kota Osaka dan pertama tetap dipegang oleh Tokyo.

Kawasan lain yang cukup populer di Pulau Kyushu adalah kota Beppu, yang terkenal dengan pemandian air panasnya. Beppu terletak di Propinsi Oita. Beppu bersama Gunung Aso (Propinsi Kumamoto) masuk dalam katagori 20 daerah tujuan wisata favorit bagi turis asal Negeri Ginseng.

"Secara geografis, lokasinya berdekatan dengan Korea Selatan dan ternyata sesuai dengan selera turis Korsel sendiri yang juga menyukai alam, pemandian air panas, serta tersedianya wisata belanjanya," kata pejabat dari JNTO.

Daerah tujuan wisata Jepang lainya yang masuk dalam daftar "top 20" itu adalah resor di kawasan Sapporo, yang terletak di Pulau Hokkaido, di utara Jepang, seperti Kota Furano dan Otaru. Umumnya turis asal Taiwan dan Hong Kong yang lebih suka berkunjung ke sana.

Sementara wisata ke Gunung Fuji menjadi pilihan favorit turis asal China dan Hong Kong, begitu juga halnya dengan Kota Osaka dan Kyoto. 

Bagi wisatawan asal AS dan Inggris, lebih menyukai kota-kota yang memiliki sejarah tradisi kuno Jepang seperti Kota Nara dan Kamakura di Propinsi Kanagawa, dan juga Kota Hiroshima, yang pernah dibom oleh AS saat terjadinya Perang Pasifik.

Source: Antara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com