Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Udara Israel di Gaza, 13 Tewas

Kompas.com - 08/07/2014, 22:48 WIB
GAZA CITY, KOMPAS.com - Serangan udara Israel ke Jalur Gaza, Selasa (8/7/2014), menewaskan 13 orang dan melukai sedikitnya 90 orang lainnya. Demikian pernyataan staf medis setempat.

Salah satu hasil serangan terburuk adalah ketika sebuah roket dari jet tempur Israel menghantam sebuah rumah di kota Khan Younis setelah sejumlah orang membentuk perisai manusia untuk melindungi rumah itu. Akibatnya tujuh orang tewas.

Sejumlah saksi mata lain mengatakan drone milik Israel awalnya menembakkan sebuah peluru suar, yang memicu warga berkumpul di sekitar rumah itu dan membentuk perisai manusia.

Tak lama kemudian sebuah jet F-16 muncul dan menembakkan sebuah roket yang membuat bangunan itu hancur rata dengan tanah. Akibat serangan ini Hamas mengancam akan menyerang semua warga Israel.

"Pembantaian Khan Younis merupakan kejahatan perang yang tak terperi dan semua warga Israel kini menjadi target sah kami," demikian juru bicara Hamas, Sami Abu Zuhri lewat akun Facebook-nya.

Tak lama setelah peristiwa di Khan Younis itu, dua warga Palestina lainnya tewas di Shejaiya, sebelah timur Gaza City. Demikian juru bicara layanan darurat Gaza, Ashraf al-Qudra.

"Pada Selasa pagi tiga orang tewas saat sebuah roket Israel menghantam sebuah mobil di kawasan Daraj di pusat kota Gaza City," ujar Ashraf.

Sejumlah keluarga korban tewas mengatakan mereka yang tewas di dalam mobil itu adalah anggota Hamas, salah satunya adalah Mohammad Shaaban (32), seorang komandan senior sayap militer Hamas, Brigade Ezzedine Al-Qassam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com