Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Paris Layani 837 WNI dalam Pilpres 2014

Kompas.com - 07/07/2014, 21:49 WIB
Ichwan Susanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Antusiasme warga dalam Pemilihan Presiden 2014 juga dirasakan warga Indonesia di Paris. Pada Minggu (6/7/2014) waktu setempat, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Perancis, melayani 837 warga Indonesia yang tinggal di Kota Mode dan kota-kota sekitarnya yang memberikan suara. Pilpres dimulai pada pukul 10.00 dan ditutup pada 19.00.

Berdasarkan informasi yang dikirim Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Paris, Henry Kaitjily yang diterima Kompas.com Senin (7/7/2014) siang, proses pemberian suara dalam Pilpres 2014 di Paris dimulai pada pukul 10.00 dan berakhir pada 19.00 waktu setempat.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri PPLN Paris, Armayanti Chattot, antusiasme masyarakat Indonesia di Paris dan sekitarnya dalam Pilpres 2014 jauh meningkat dibanding Pemilu Legislatif (Pileg) 2014.

Dari 2.200 pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) untuk wilayah Paris dan sekitarnya, sebanyak 837 orang memilih langsung di TPS, sedangkan sekitar 500 orang akan memberikan suara melalui pos.

Jumlah partisipasi masyarakat yang memberikan suara langsung ke TPS meningkat dibanding Pileg April lalu yang hanya dihadiri oleh 575 orang. Menurut PPLN Paris, persentase partisipasi masyarakat Indonesia pada Pilpres 2014 di Paris dan sekitarnya diperkirakan sekitar 55 persen dari jumlah pemilih atau meningkat 18 persen dibanding Pemilihan Legislatif 2014 lalu.

Duta Besar RI Paris, Rezlan Jenie yang turut memberikan suara di TPS dan mengawasi jalannya pemungutan suara sampai TPS di tutup, menyambut gembira antusiasme masyarakat Indonesia di Paris dan sekitar dalam Pemilu Legislatif.

Secara umum, suasana Pilpres 2014 yang berlangsung di TPS KBRI Paris berlangsung aman, tertib dan lancar. Para pemilih yang memadati TPS tidak hanya dari wilayah Paris tetapi juga dari wilayah lain di sekitar ibu kota Perancis itu yaitu Paris (75), Hauts de Seine (92), Seine et Saint Denis (93), dan Val de Marne (94).

Bahkan diantara pemilih terdapat beberapa WNI yang kebetulan berada di Paris sebagai turis menyempatkan diri untuk menggunakan hak suaranya di TPS KBRI Paris.

Pilpres 2014 di TPS KBRI Paris, juga dimeriahkan dengan penyelenggaraan bazar makanan tradisional Indonesia yang diikuti warga Indonesia di Paris. Kegiatan bazar makanan di sela-sela pesta demokrasi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia di Paris dan sekitarnya untuk datang ke TPS dan memberikan suara.

Menurut rencana penghitungan suara dari TPS akan dilaksanakan pada Rabu (9/7/2014) mulai pukul 10.00, sementara penghitungan suara dari pos akan berlangsung pada Sabtu (12/7/2014) mulai pukul 12.00 di KBRI Paris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com