Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

300 WNI di Australia Gelar Deklarasi Dukung Jokowi di Sydney Opera House

Kompas.com - 30/06/2014, 11:29 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com — Tak kurang dari 300 warga negara Indonesia yang menetap di Sydney, Australia, menggelar deklarasi damai mendukung calon presiden Joko Widodo. Acara ini berlangsung di Sydney Opera House – Hyde Park, Minggu, 29 Juni 2014.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (30/6/2014), dari Relawan Pendukung Jokowi-JK Australia Bersatu, disebutkan dalam acara bertajuk "Australia for Jokowi" itu, 300-an warga memadati selasar gedung yang menjadi salah satu ikon Australia tersebut.

Salah satu anggota tim kerja Relawan Australia Bersatu untuk Jokowi-JK 2014, Donny Verdian, menyebutkan, massa pendukung Jokowi tak hanya datang dari Kota Sydney, tetapi juga dari wilayah-wilayah lain di negara bagian New South Wales. Bahkan ada serombongan warga Indonesia yang datang dari Melbourne, kota berjarak 870 kilometer dari Sydney, lewat jalur darat.

Donny mengatakan, acara dimulai tepat pukul 13.00 waktu setempat, diawali dengan pembacaan deklarasi oleh Fajar B Hirawan, mahasiswa program PhD, University of Sydney. Acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu "Salam Dua Jari" karya grup musik rock Tanah Air, Slank. Terakhir acara ini ditutup dengan foto bersama.

"Tapi hingga acara diakhiri, masyarakat Indonesia terus berdatangan, akhirnya panitia memutuskan untuk melanjutkan acara di Hyde Park, sebuah taman di pusat kota Sydney yang memiliki daya tampung lebih luas daripada selasar Sydney Opera House," kata Donny.

Dalam kesempatan tersebut, Fajar kembali didaulat untuk melakukan deklarasi diikuti dengan foto-foto bersama.

Sekitar pukul 16.00 waktu setempat, seluruh rangkaian acara akhirnya selesai digelar, para peserta pulang ke rumah masing-masing dengan tertib. Menurut Donny, pada waktu yang hampir bersamaan, acara deklarasi juga dilangsungkan di kota-kota besar lainnya di Australia, seperti Adelaide, Brisbane, Melbourne, dan Canberra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com