Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nigeria Kibarkan Perang Total atas Boko Haram

Kompas.com - 30/05/2014, 10:40 WIB
ABUJA, KOMPAS.COM - Presiden Nigeria Goodluck Jonathan bersumpah melakukan 'perang total' menentang kelompok Islamis militan Boko Haram. Berbicara pada peringatan 15 tahun berakhirnya kekuasaan militer, dia mengatakan 'terorisme internasional' mengancam perbaikan demokrasi Nigeria.

Boko Haram meningkatkan pemberontakan berdarah sejak tahun 2009 untuk mendirikan negara Islam di Nigeria. Pejuang kelompok ini menewaskan 42 orang lewat operasi di desa Gurmushi, Nigeria timur laut hari Rabu (28/05), kata korban selamat.

Penduduk desa ditembak dan dipancung dan banyak rumah dibakar, kata seorang perempuan korban selamat yang tidak mau disebutkan namanya kepada BBC. Boko Haram menculik lebih 200 murid perempuan sejak bulan lalu. Mereka menuntut pertukaran tahanan.

Permulaan minggu ini, pemerintah diketahui membatalkan pertukaran sebagian murid dengan pejuang Boko Haram yang ditahan. "Dengan bantuan warga Nigeria, tetangga kami dan masyarakat dunia, kami akan memperkuat pengamanan, membebaskan anak-anak dan membasmi teroris dari Nigeria," kata Jonathan lewat sebuah pidato televisi untuk memperingati Hari Demokrasi.

Dia menambahkan dirinya telah berusaha keras melindungi demokrasi Nigeria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com