Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Nada Asli "Stairway to Heaven" Gugat Led Zeppelin

Kompas.com - 21/05/2014, 22:24 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Lagu "Stairway to Heaven" adalah salah satu lagu legendaris milik kelompok Led Zeppelin. Namun, siapa sangka kini grup asal Inggris itu digugat karena dianggap menjiplak beberapa bagian dari lagu tersebut.

Pihak yang menuntut Jimmy Paige dkk adalah grup band yang namanya mungkin tak dikenal banyak orang, Spirit. Namun, band ini ternyata pernah manggung bareng Led Zeppelin pada 1969.

Menurut Spirit, Led Zeppelin menjiplak beberapa not dalam lagu karya mereka, "Taurus", dan menggunakan not-not itu dalam lagu "Stairway to Heaven".

"Setelah sekian lama, waktunya telah tiba," kata Francis Alexander Malofiy yang mewakili Randy California, mendiang gitaris band Spirit yang menulis lagu "Taurus".

Lagu "Taurus" sendiri muncul dalam debut album band ini pada 1968. Sementara itu, pentolan Led Zeppelin, Jimmy Paige, baru menulis "Stairway to Heaven" pada 1970, atau dua tahun setelah "Taurus" dirilis.

Setahun sebelumnya, Spirit dan Led Zeppelin berbagi panggung dalam konser di seluruh Amerika Serikat pada 1969. Berdasarkan pengakuan pemain bas Spirit, mereka selalu membawakan "Taurus" dalam setiap konser.

"Masa-masa itu sangat indah untuk dikenang. Lagu itu ('Taurus') selalu kami bawakan setelah lagu-lagu yang keras, dan selalu mendapat sambutan meriah," kata pemain bas Spirit, Mark Andes, kepada majalah Businessweek.

Pada 1997, Randy California secara terbuka mengajukan klaimnya terkait lagu fenomenal Led Zeppelin itu.

"Mereka (Led Zeppelin) menghasilkan jutaan dollar dari lagu itu dan tak pernah berterima kasih atau menawarkan sedikit uang untuk kami. Ini sangat menyesakkan bagi saya," kata Randy saat itu, seperti dikutip majalah Listener.

Kini, pada saat Led Zeppelin tengah mempersiapkan rilis ulang album asli mereka, termasuk di dalamnya "Stairway to Heaven", kuasa hukum Randy California sudah mengajukan gugatan hukum dan permintaan untuk menunda rilis album Led Zeppelin IV.

"Ide di belakang gugatan ini adalah untuk memastikan nama Randy California dicantumkan dalam kredit penciptaan 'Stairway to Heaven'," ujar Malofiy.

Namun, tentunya Malofiy juga mencari kompensasi finansial. Terlebih lagi, seperti ditulis Businessweek, hingga 2008 saja, "Stairway to Heaven" sudah menghasilkan uang sebesar 562 juta dollar AS atau hampir Rp 6,5 triliun.

Sejauh ini, belum diperoleh komentar dari manajemen dan personel Led Zeppelin atau perusahaan rekaman Warner Music.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com