Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat "Blunder" Dokter, Pria Inggris Jalani Vasektomi

Kompas.com - 07/05/2014, 19:10 WIB
LIVERPOOL, KOMPAS.com — Para dokter di RS Royal Liverpool, Inggris, melakukan blunder luar biasa setelah tak sengaja melakukan vasektomi terhadap seorang pria yang sejatinya harus menjalani operasi untuk penyakit lain.

Kesalahan fatal ini membuat pria yang tak disebutkan namanya itu menjadi steril pada sisa hidupnya. Artinya, pria ini tidak pernah akan menjadi ayah.

Para dokter, yang seharusnya melakukan prosedur operasi yang sederhana untuk saluran kencing, meminta maaf atas kesalahan itu dan menjanjikan operasi baru untuk membatalkan vasektomi itu.

Namun, pembatalan vasektomi tidak berarti bahwa pria itu akan kembali subur. Angka kesuksesan perawatan kesuburan bahkan sangat kecil.

"Kasus ini sangat mengejutkan dan mengkhawatirkan," kata Ian Cohen, pengacara kasus-kasus malapraktik.

"Sepanjang pengetahuan kami, telah terjadi blunder dalam prosedur medis karena pengecekan sederhana bisa memastikan dokter melakukan operasi untuk pasien yang benar. Prosedur inilah yang gagal dilaksanakan rumah sakit," tambah Cohen.

"Pria ini seharusnya bisa mendapatkan kompensasi sebesar 100.000 poundsterling (setara Rp 1,96 miliar)," tambah Cohen.

Sementara itu, Direktur Medis RS Royal Liverpool dr Peter Williams membenarkan informasi mengenai kesalahan pada tim medisnya, dan ia meminta maaf.

"Kami benar-benar menyesali kejadian ini. Kami kini tengah melakukan penyelidikan menyeluruh untuk memahami mengapa kesalahan seperti ini bisa terjadi, dan bagaimana kami memastikan hal seperti ini tak akan terjadi lagi," tambah Williams.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com