Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satelit Thailand Rekam 300 Obyek Terapung di Lokasi Pencarian Malaysia Airlines

Kompas.com - 27/03/2014, 16:00 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com — Thailand mengatakan telah melihat 300 obyek terapung di Samudra Hindia selatan dalam proses pencarian Malaysia Airlines MH370 lewat satelit. Demikian badan angkasa luar Thailand mengatakan, Kamis (27/3/2014).

"Ratusan obyek itu berukuran antara dua hingga 15 meter dan tersebar di kawasan berjarak 2.700 kilometer sebelah barat Perth," kata Direktur Eksekutif Badan Geo-Informasi dan Pengembangan Teknologi Angkasa Luar Anond Snidvongs.

Namun, lanjut Anond, pihaknya belum berani memastikan apakah 300 obyek itu adalah puing -puing Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak 8 Maret 2014.

"Informasi ini sudah kami berikan kepada Pemerintah Malaysia," lanjut Anond.

Foto-foto ratusan obyek itu diambil oleh satu-satunya satelit observasi Bumi milik Thailand pada Senin (24/3/2014), tetapi membutuhkan beberapa hari untuk diproses.

Anond mengatakan, obyek-obyek itu terlihat sekitar 200 kilometer dari area tempat satelit Perancis sebelumnya juga menangkap citra sejumlah obyek terapung yang diharapkan berasal dari Malaysia Airlines yang hilang itu.

Sebelumnya Thailand dikecam karena dianggap terlambat menyampaikan bahwa radar militernya menangkap sebuah "pesawat tak dikenal" beberapa menit setelah MH370 mengabarkan lokasi terakhirnya.

Angkatan Udara Thailand mengatakan, mereka tidak melaporkan hal itu karena pesawat itu tidak menimbulkan ancaman terhadap wilayah udara Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com