Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan di Gaza, Patung Dewa Yunani Kuno Diamankan Polisi Hamas

Kompas.com - 22/02/2014, 21:47 WIB


Sebuah patung perunggu yang diduga sosok Dewa Yunani kuno, Apollo, ditemukan oleh seorang nelayan di perairan Gaza pada musim panas lalu dan sempat ditawarkan di situs jual beli eBay. Diperkirakan patung yang merupakan dewa puisi dan cinta itu berusia 2.500 tahun dan tidak ternilai harganya.

Jawdat Abu Ghurab, nelayan yang berusia 29 tahun asal Gaza, menemukan patung itu di dasar laut pada bulan Agustus 2013 lalu. 

Melihat kerumunan ikan kecil di perairan yang berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai, Ghurab mendekatinya dan melihat samar-samar sosok seperti manusia.

Namun demikian, Ghurab terkejut setelah menyelam di kedalaman sekitar empat meter dan menyentuh langsung "sosok" tersebut yang ternyata sekeras "batu".

Dibantu oleh keluarganya, patung pria telanjang itu akhirnya berhasil dipindahkan ke rumahnya dan sempat membuat kaget istrinya.

"Istri saya menutupi wajahnya ketika dia melihat patung itu terbaring telanjang di rumah. Dia meminta saya untuk menutupinya," katanya tertawa.

Gagal diselundupkan

Ghurab semula mencoba menyelundupkan patung itu ke Mesir untuk menjualnya, tapi terowongan yang menghubungkan dua wilayah itu telah ditutup oleh otoritas Mesir.

Khawatir atas "keselamatan" patung itu, pria 29 tahun itu kemudian menitipkannya pada kerabatnya yang kebetulan adalah anggota sayap militer Hamas.

Patung ini pernah ditawarkan untuk dijual di situs jual beli eBay, dengan harga sebesar 500.000 dollar AS, namun kemudian daftar itu menghilang dari situs tersebut.

Ahmed Elburch, seorang pejabat di Kementerian Pariwisata dan Purbakala di Gaza, mengatakan dia terakhir melihat patung itu pada bulan Oktober lalu.

Dia khawatir tentang kondisi patung bersejarah itu karena warnanya telah berubah dan salah satu matanya telah dipotong.

Dia mengatakan, otoritas terkait sedang mempelajari permintaan dari Museum Louvre Prancis untuk meminjam pantung seberat 500 kg dan setinggi 1,75 meter itu.

Polisi Hamas menolak permintaan wartawan BBC di Gaza untuk melihat patung Apollo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com