Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Dangkal 5,1 SR Guncang Jepang Timur

Kompas.com - 31/12/2013, 09:38 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

TOKYO, KOMPAS.com - Gempa dengan pusat gempa dangkal berkekuatan 5,1 skala Richter, mengguncang bagian timur Jepang, Selasa (31/12/2013). Informasi gempa tersebut datang dari US Geological Survey. Sejauh ini belum ada laporan dari orotitas setempat maupun kabar kerusakan.

Gempa terjadi pada pukul 10.03 waktu setempat atau 08.03 WIB, dengan pusat gempa berjarak 146 kilometer di timur laut Tokyo. Pusat gempa menurut badan tersebut berada pada kedalaman 9,9 kilometer.

Pusat gempa berjarak 80 kilometer di barat daya pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Getaran gempa terasa cukup kuat di bangunan tinggi di Tokyo.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa ini berkekuatan 5,4 skala Richter. Gempa susulan terjadi sekitar 8 menit setelah gempa pertama, dengan kekuatan 3,6 skala Richter, dari pusat gempa di lokasi yang sama menurut Badan Meteorologi Jepang.

Operator PLTN Fukushima, Tokyo Electric Power (Tepco), mengatakan gempa tak berdampak pada instalasi tersebut. Saat ini kru perusahaan itu masih terus berusaha mendinginkan inti reaktor yang mengalami kebocoran setelah gempa berkekuatan 9 skala Richter memicu tsunami dan menghajar instalasi tersebut pada 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com