Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Terbakar Tewaskan 42 Penumpangnya

Kompas.com - 31/10/2013, 11:40 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Bus milik perusahaan pariwisata Jabbar Travels menabrak pembatas jalan di jalan tol Mehabubnagar, Negara Bagian Andhra Pradesh, selatan India. Bus naas itu terbakar. Yang memilukan, 42 penumpangnya tewas dilalap api, tulis AP pada Kamis (31/10/2013).

"Saat kecelakaan, ada penumpang yang tertidur. Mereka kemudian terjebak,"kata Deputi Inspektur Jenderal Polisi Naveen Kumar Chand.

Sementara, tambah Kumar Chand, seorang pengemudi dan enam penumpang lainnya bisa menyelamatkan diri dari kobaran api. "Mereka lolos melalui jendela,"imbuh Kumar Chand.

Kejadian berawal saat bus malam itu bertolak dari dari Bangalore ke Hyderabad. Bus itu menyalip kendaraan di depannya. Namun, sopir tak mampu mengendalikan kendaraannya. Alhasil, bus menghantam pembatas jalan tol. "Pemicu kebakaran adalah tangki bahan bakar yang tersulut api,"kata Kumar Chand.

Penyelidikan polisi sampai kini masih terus berlangsung. Sementara, keluarga korban berkumpul di kantor Jabbar Travels di Bangalore dan Hyderabad. "Kami masih mencari pemilik perusahaan,"kata KUmar Chand lagi.

Di seluruh dunia, India adalah negara dengan tingkat kecelakaan tinggi di jalan tol. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat rerata tiap tahunnya ada 110.000 orang tewas di jalan raya. Pemicu kecelakaan biasanya adalah kecerobohan pengemudi, kondisi jalan yang rusak, serta usia kendaraan yang tua.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com